Berita Katadata, Kabar Arus Mudik Lebaran 2024 Dan Tips Sebelum Mudik

Indonesia adalah negara yang memiliki kepulauan paling banyak, berbagai macam adat, budaya, suku bisa kamu temukan banyak sekali di Indonesia. Berbagai macam kebudayaan dimana dengan jenis budaya berbeda-beda tiap pulaunya bisa kamu temukan di negara Indonesia ini. Pada negara Indonesia juga kamu akan menemukan bahwa banyak sekali berbagai macam ciri khas budaya adat yang diterapkan secara turun menurun di negara Indonesia. Pada hari-hari besar keagamaan seperti Ramadhan juga kamu akan menemukan bahwa pada kegiatannya di Indonesia sangat unik dan memiliki khas.

Menjelang berakhirnya Ramadhan dan mendekati lebaran idul fitri di Indonesia ada salah satu ciri khusus dan budaya yang sangat identik serta mungkin hanya populer atau hanya ada di indonesia. Mudik lebaran adalah salah satu budaya serta ciri khas yang sering kali dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang lebaran Idul Fitri. Salah satunya juga terjadi pada menjelang hari Raya Idul FItri Tahun 2024 ini dimana dilansir berita katadata saat ini orang-orang di Indonesia tengah disibukan dengan arus mudik lebaran.

Berita Katadata, Arus Mudik Lebaran 2024 Kian Meningkat Menjelang Beberapa Hari Lebaran

Mudik adalah ciri khas dan budaya yang bisa ditemukan pada negara Indonesia menjelang berakhirnya puasa lebaran dan tibanya hari lebaran. Mudik adalah proses dimana orang-orang berpergian pulang ke kampung halaman dari tempat dia bekerja untuk berkunjung kerumah keluarga, orang tua dalam merayakan serta bersilahturahmi pada hari lebaran. Mudik sendiri sering kali diidentikan bagi orang-orang yang sedang dalam perantauan dimana cuti panjang hari lebaran dimanfaatkan banyak orang untuk melepas rindu kepada orang-orang tercintanya dikampung halaman. Momen ini sangat berharga sebab sebagian orang yang sudah sejak lama tidak bertemu bersama orang-orang tercintanya bisa berkumpul kembali saat hari lebaran tiba.

Dilansir berita katadata, arus mudik lebaran 2024 ini kian padat menjelang beberapa hari lagi sebelum lebaran tiba. Beberapa terminal bus, ,kapal laut dan bandar mulai dipadati oleh para pemudik. Seperti salah satunya yaitu terminal pelabuhan merak yang dimana sangat dipadati oleh para pemudik. Bahkan dilansir dari sumber yang kami rangkum bahwa sebagian orang ada yang tidak memiliki tiket karena semua tiket mudik dipelabuhan merak per hari minggu tanggal (7/4) sudah ludes terjual.

Tak hanya alur mudik laut, arus mudik dengan alur darat dan udara juga kian dipadati oleh para pemudik menjelang h-4 lebaran. Beberapa tol kian dipadati oleh para pemudik. Selain itu juga, pada arus mudik lebaran 2024 ini para petugas semakin disibukan untuk mengatur jalannya arus mudik 2024 agar berjalan lancar.

Tips Mempersiapkan Mudik Dengan Lancar Dilansir Berita Katadata

Arus mudik lebaran 2024 seperti yang dikutip dari berita katadata bahwa arus perjalanan mudik kian padat. Berbagai macam jalur mudik mulai dari jalur laut, udara, dan darat kian dipadati oleh para pemudik yang kian berdatangan. Bagi kamu yang mungkin tahun ini memiliki rencana mudik, tentu kamu harus menyiapkan beberapa rencana yang matang sebelum mulai berangkat. berikut uinsur.ac.id rangkum beberapa tips mempersiapkan mudik dengan lancar.

1. Buat Plan Untuk Ikut Mudik Jalur Mana

Sebelum mudik pastikan kamu telah mengetahui kamu akan menggunakan jalur yang mana untuk arus mudik tahun ini. Pastikan kamu telah mendapatkan tiket jika hendak memilih jalur laut dan udara sebagai pilihan jalur mudik. Semakin matang rencana kamu dalam menggunakan jalur mudik maka akan semakin lancar proses mudik kamu.

2. Pastikan Rumah Yang Ditinggalkan Dalam Keadaan Aman

Tips paling penting bagi kamu untuk memastikan mudik berjalan lancar adalah kamu harus memastikan rumah yang hendak ditinggalkan dalam keadaan aman. Kamu bisa memilih opsi  menyewa orang atau meminta bantuan keluarga terdekat yang tidak mudik untuk cek kondisi rumah rutin saat kamu tinggalkan. Namun jika kamu memutuskan untuk menguci rumah tanpa ada orang yang menjaganya, pastikan kompor, arus listrik ataupun arus api yang menyebabkan kebakaran ataupun berhubungan elektronik harus dipastikan padam total. Selain itu juga, pastikan rumah dalam keadaan terkunci total dan digembok secara double.

3. Service dan Periksa Kendaraan Sebelum Perjalanan

Jika kamu memutuskan mudik dengan menggunakan jalur darat menggunakan mobil atau motor pribadi. Sebelum berangkat, kamu harus memastikan bahwa kendaraan kamu telah diservice serta diperiksa dengan baik sebelum berangkat. Hal ini untuk meminimalisir mogok pada saat perjalanan.

Tentu mudik adalah salah satu cara untuk melepas kangen, ataupun rindu kepada keluarga tercinta kita. Mudik adalah momen yang tepat untuk melepas rindu kepada orang tua bagi perantauan yang mungkin sudah sejak lama tidak bertemu. Itulah setidaknya kabar arus mudik tahun 2024 beserta tips yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan mudik agar berjalan lancar.

 

Leave a Comment