Doa Dan Niat Buka Puasa Daud, Beserta Penjelasan Lengkap Dan Keutamaannya !

Melakukan buka puasa adalah salah satu kegiatan dimana kita harus diwajibkan untuk konsumsi makanan ataupun minum sebagai salah satu tata cara setelah sepanjang satu hari penuh kita melakukan ibadah puasa. Berpuasa sendiri bagi umat Islam, merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan sebagai menunaikan ibadah dari perintah Allah SWT. Puasa sendiri merupakan ibadah wajib khususnya pada bulan Ramadhan yang juga masuk pada rukun Islam. Dimana berpuasa pada bulan Ramadhan apabila dengan sengaja ditinggalkan maka akan berdosa sangat besar.

Dalam ajaran agama Islam sendiri, ibadah puasa Ramadhan bukan menjadi satu-satunya jenis ibadah puasa yang dilakukan. Ada beberapa jenis hari atau waktu tertentu yang dimana umat Islam bisa melakukan ibadah puasa. Salah satunya seperti ibadah puasa daud. Ibada puasa daud adalah salah satu waktu yang dimana umat Islam bisa dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa karena memiliki banyak sekali keutamaan didalamnya. Berikut penjelasan mengenai ibadah puasa daud dalam ajaran agama Islam.

Penjelasan Doa Puasa dan Buka Puasa Daud Serta Pembahasannya Lengkap !

Puasa dalam ajaran agama Islam sendiri pada umumnya adalah suatu pelaksanaan dimana umat Islam diwajibkan untuk menahan hawa nafsu baik itu hawa nafus lapar dan haus dimana umat Islam diharamkan untuk makan dan minum serta melakukan kegiatan yang membatalkan puasa itu sendiri. Puasa sendiri pada khususnya yaitu ibadah puasa Ramadhan adalah hukumnya wajib yang dimana tentunya semua umat Islam diharuskan untuk melakukan puasa tanpa terkecuali. Namun tak hanya ibadah puasa Ramadhan, ada beberapa puasa pada hari atau waktu tertentu yang dimana umat Islam dianjurkan untuk melakukan puasa karena memiliki keutamaan yang sangat besar. Salah satunya yaitu puasa daud.

Puasa daud sendiri adalah puasa dengan cara berpuasa secara bergantian atau selang-seling. Puasa satu hari dan berbuka pada hari berikutnya. Jika hari ini sedang berpuasa, maka besok tidak, dua hari kemudian berpuasa lagi, dan dilakukan secara konsisten. Puasa ini memiliki banyak sekali keutamaan serta ganjaran pahalannya di hadapan Allah SWT. Puasa daud sendiri pada proses puasanya mulai dari sahur, waktu menahan diri, serta buka puasa tentunya sama seperti ibadah puasa pada umumnya. Adapun doa dan niat puasa daud serta bacaan berbukanya adalah sebagai berikut.

1. Niat Puasa Daud

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سَنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma dâwuda lillahi ta’âla

Artinya : Aku berniat puasa sunnah Dawud hari ini karena Allah ta’ala.

2. Doa Buka Puasa Daud

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ الله

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya : Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.

Keutamaan dan Keistimewaan Puasa dan Buka Puasa Daud Menurut Islam

Seperti yang telah uinsur.ac.id rangkum diatas dimana puasa daud sendiri adalah satu hari atau waktu yang dimana sangat dianjurkan untuk umat Islam melakukan ibadah puasa. Meskipun ibadah puasa daud ini sendiri merupakan ibadah puasa sunnah atau tidak wajib hukumnya namun tentu memiliki keutamaan serta keistimewaan yang akan didapatkan oleh umat Islam ketika melakukan serta menjalankan ibadah puasa daud ini. Berikut beberapa keutamaan serta keistimewaan puasa dan buka puasa daud menurut ajaran agama Islam.

1. Terpeliharannya Dari Segala Maksiat

Salah satu keistimewaan yang akan didapatkan oleh umat Islam ketika menjalankan ibadah puasa daud adalah terpeliharannya seseorang dari segala maksiat. Orang yang senantiasa menjalankan puasa Daud dengan niat ikhlas karena Allah SWT, tentu akan terpelihara dari perbuatan segala maksiat. Dengan begitu, Allah SWT akan melindungi jasmani dan ruhnya dari perbuatan yang melanggar perintah-Nya.

2. Menumbuhkan Akhlak Yang Baik

Keistimewaan salah satu bagi seseorang yang menjalankan ibadah puasa daud adalah dapat menumbuhkan akhlak yang baik. Seseorang yang rutin menjalankan ibadah puasa daud atas izin Allah SWT akan dikaruniai budi pekerti luhur sehingga seseorang akan selalu bersikap santun, sabar, rendah hati, suka mengalah, tidak egois, senang bergaul, sehingga tidak akan merusak tali silahturahmi dengan orang lain.

3. Menentramkan Jiwa

Salah satu keistimewaan bagi seseorang yang rutin menjalankan ibadah puasa daud adalah dapa menentramkan hati. Hal ini memang ketika menjalankan semua perintah dari Allah SWT, maka seseorang akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Ketenteraman jiwa dapat dirasakan di mana saja dan kapan saja.

Tentu melakukan ibadah puasa daud menjadi salah satu cara bagi kita khususnya umat Islam untuk menjalankan segala perintah dari Allah SWT. Sebagai bukti keimanan kita dan tentunya cara kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melakukan sunnah yang juga dianjurkan kepada umat Islam tentu memiliki banyak sekali keistimewaan serta keutamaan yang akan berikan oleh Allah SWT.

Leave a Comment